Prodi Ilmu Pemerintahan Melaksanakan PKM Di Kelurahan Kasemen: Edukasi Masyarakat Menjelang PILKADA 2024

Serang – Prodi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pamulang telah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kelurahan Kasemen, Serang, Banten. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis, 16 Mei 2024, dengan tema terkait “PILKADA 2024”.

Tema ini menarik disoroti mengingat kontenstasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak akan dilaksanakan pada 27 November 2024 nanti. Pilkada nantinya diharapkan tidak hanya menjadi kegiatan euforia kampanye kandidat calon kepala daerah di mata publik dalam meraup suara terbanyak. Namun juga diharapkan, para kandidat yang bermunculan benar-benar ingin menyelesaikan permasalahan yang sangat fundamental di Provinsi Banten. Utamanya mempercepat pembangunan di Kota Serang. Hal ini diungkapkan Asriadi selaku Koordinator PKM Prodi Ilmu Pemerintahan di Kelurahan Kasemen.

“Tema besar yang kita angkat adalah PILKADA 2024, karena kita ingin mendorong partisipasi masyarakat tinggi dalam pemilihan kali ini, terutama bukan hanya euforia. Namun memberikan edukasi untuk melakukan pencegahan GOLPUT pada Pilkada 2024 serta mendorong pembangunan.”

Pemerintah Kelurahan Kasemen menyambut baik kegiatan PKM yang dilakukan Para Dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Pamulang Kota Serang. Pengabdian sangat positif untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat menjelang Pilkada 2024 yang akan datang. Supinah selaku Kepala Seksi PMK Kasemen sangat senang dan menyambut baik kegiatan yang dilakukan.

“Terima kasih sudah melakukan pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Kasemen. Ini adalah kegiatan yang sangat positif untuk memberikan pemahaman baik kepada masyarakat terkait pentingnya mendorong partisipasi politik di PILKADA 2024, karena sangat menentukan arah pembangunan Banten ke depan,” ujar Supinah.

Adapun PKM yang dilakukan Prodi Ilmu Pemerintahan terbagi menjadi empat kelompok yang mana terdiri dari dosen dan mahasiswa, dengan judul yang berbeda-beda pula. Judul pertama adalah “Pencegahan Golput Pada Pilkada 2024”. Kedua, “Peran Aparatur Pemerintahan Desa Dalam Peningkatan Partisipasi Politik Penyelenggaraan Pilkada 2024 Di Kelurahan Kasemen Kota Serang”. Ketiga, “Pengawasan Partisipatif Masyarakat Dalam Pilkada 2024” dan judul keempat terkait “Pencegahan Praktik Politik Uang Pada Pilkada Banten 2024”.

Pengawasan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada 2024 menjadi lebih dominan terus diperbincangkan, disamping temuan lapangan yang harus ditanggapi dengan bijak untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, seperti money politik, politisasi pembagian bantuan sosial yang juga menjadi dugaan kuat harus diwaspadai. Masyarakat wajib selektif menilai calon pemimpin kepala daerah di masa yang akan datang untuk mampu membawa perubahan besar terhadap Banten.

Bentuk tanggung jawab Perguruan Tinggi adalah melaksanakan Tri Dharma, salah satunya adalah PKM. Anggi Anggraeni selaku Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan, berharap kegiatan pengabdian ini terus berlangsung dengan kerjasama dengan baik kepada pihak Kelurahan Kasemen.

“PKM ini, kami berharap tidak hanya berhenti disini. Semoga ke depannya dapat terus berkelanjutan dengan mengirimkan mahasiswa Ilmu Pemerintahan untuk melaksanakan PKM di Kasemen untuk semester depan atau tahun ajaran baru,” terangnya.

Ungkapan tersebut di sambut baik Supinah selaku mewakili pemerintah Kelurahan Kasemen. Tentu ini wajib terus didukung bagaimana pengetahuan secara akademik dapat diaplikasikan kepada masyarakat.

 “Kami menyambut baik jika ke depannya ada mahasiswa Ilmu Pemerintahan yang berminat melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat disini,” ungkapnya.

Efriza salah satu Dosen Ilmu Pemerintahan yang juga merupakan narasumber di kegiatan PKM, menjelaskan sangat penting adanya pengawasan, pencegahan dan mendorong partisipatif masyarakat untuk PILKADA 2024. Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Pamulang Kota Serang selalu konsisten melakukan PKM sebagai bukti nyata kontribusi akademik kampus untuk menyelesaikan permasalahan yang fundamental di masyarakat.

Please follow and like us:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top